FB   TWITTER   G+   LINKEDIN   YOUTUBE

Tips Sukses dan Jitu mengatur keuangan Anda

Posted by : ORIMAX

Tips Sukses dan Jitu mengatur keuangan Anda
Tips Sukses dan Jitu mengatur keuangan Anda

Hingga kini uang masih menjadi isu yang tabu dibahas. Manajemen keuangan pribadi juga merupakan pelajaran yang tidak pernah diajarkan di bangku sekolah. Akibatnya, uang dalam rekening pun kerap terdebit, tergesek, tanpa perencanaan. Ketika sudah berkeluarga, pada umumnya secara otomatis jabatan 'menteri keuangan' jatuh ke pihak wanita, padahal hal tersebut tidak mudah. Kemampuan mengelola uang perempuan sering kali terpuruk.



Rheza Karyanto, Assistant Vice President Head of Investment, Bancassurance, and Treasury Products  Commonwealth Bank Indonesia, mengatakan untuk memudahkan para 'menteri keuangan' tersebut bisa diterapkan strategi rumus 50:30:20. "Cara mengatur keuangan keluarga ada banyak dan tidak harus mengencangkan ikat pinggang. Kuncinya adalah kemampuan kita membagi porsi sesuai anggaran dan prioritas. Rumusan yang bisa diterapkan pembagian 3 anggaran dengan porsi 50,30,dan 20,"

Porsi 50% dari pendapatan bulanan digunakan untuk pengeluaran wajib dan fleksibel. Pengeluaran wajib contohnya cicilan rumah, pendidikan, asuransi, pajak, biaya listrik, dan air. Pengeluaran fleksibel adalah pengeluaran yang bisa dinegosiasikan oleh kita sendiri, misalnya  tagihan kartu kredit, tagihan biaya telepon, biaya transportasi, makan dan bantuan keuangan untuk orangtua/sumbangan.

Porsi 30% dari pendapatan di awal diinvestasikan, dan bukan sisa dari pengeluaran lainnya. Artinya, di saat kita menerima gaji, segera sisihkan 30% paling sedikit untuk ditabung dan investasi. Inilah kunci utamanya untuk mewujudkan impian keluarga, gunakan hasilnya untuk dana di masa depan, dana yang bisa dibilang tabungan mutlak mungkin kalau dalam dunia kerja tabungan pensiun. Hal ini memang sangat sulit dilakukan namun dengan niat dan disiplin yang ketat pasti bisa dilakukan.

Porsi 20% dari pendapatan bulanan untuk biaya untuk rekreasi seperti jalan-jalan, belanja baju, dan entertainment lainnya. Pengeluaran ini bisa diatur sesuai kebutuhan dan bahkan dihilangkan karena sifatnya yang 'hura-hura'. Jika sudah tahu strateginya, ada satu hal yang tak kalah pentingnya yaitu disiplin. Patuhi budget yang sudah ditentukan sehingga mimpi keluarga terwujud satu per satu.

Anda tidak harus mengorbankan kesenangan Anda, ini beberapa tips kecil :

  • Bersenang-senang lewat hal kecil

Jangan tinggalkan kebiasaan mengopi pagi di kedai dekat kantor demi menghemat uang bila kebiasaan itu membahagiakan Anda. Kelaparan tidak akan membantu menjaga berat badan secara jangka panjang. Menghemat di kebiasaan yang menjadi kegemaran kadang bisa berubah jadi bumerang. Coba buat daftar kegiatan menyenangkan yang biasanya Anda sukai dan paling mengeluarkan uang. Lalu, kurangi kegiatan yang paling tidak disukai.

  • Fokus di masa depan

Anda mungkin belum berpikir soal kehidupan saat berumur 60 tahun, ketika saat ini masih berusia 28 tahun. Faktanya, menabung untuk dana pensiun adalah keputusan finansial paling penting yang bisa diambil ketika seseorang masih berumur di bawah 30 tahun.

  • Lakukan secara otomatis

Mengatur keuangan secara otomatis kadang membantu pengaturan keuangan. Siapkan minimal 20 persen pendapatan Anda untuk ditransfer ke rekening tabungan secara otomatis dimana tidak ada ATM sehingga uang Anda aman tidak tergerus.

  • Cukup satu kartu kredit

Yang paling baik adalah memiliki satu kartu kredit untuk kebutuhan hidup dan satu untuk darurat. Sedang untuk menarik uang tunai, siapkan kartu debit. Makin sedikit jumlah kartu yang dimiliki, biasanya membuat bujet makin mudah ditaati. Mengakibatkan lebih sedikit uang juga yang akan dibelanjakan.

Semua hal di atas memang terasa berat namun bila sudah berjalan sebenarnya bisa dijalani karena orientasi rumus ini adalah finansial yang seimbang dan bahagia di masa depan, contoh :
Anda berpenghasilan Rp 4.000.000,-
A = Biaya bulanan wajib dan fleksibel 50% : Rp 2.000.000,-
B = Biaya bulanan senang-senang 20% : Rp 800.000,-
A dan B boleh Anda mixed asalkan tidak overbudget untung-untung sisa. Namun alangkah baiknya tetap dipisah terlebih dahulu.
C = Biaya masa depan 30% : Rp 1.200.000,-
C merupakan hal yang harus benar-benar Anda taati, hal ini mungkin yang paling susah dilakukan kita lihat saja hasilnya, Contoh Anda bekerja aktif selama 25 tahun maka tabungan Anda di hari akhir = 1.200.000 x 12 = 14.400.000 x 25 = Rp 360.000.000,- . Lihatlah hasil akhirnya begitu besar dan hal ini belum di hitung dari berapa besar kenaikan gaji Anda selama bekerja, bonus insentif ataupun uang pesangon.

Demikian semoga bermanfaat
Salam Orimax


 




BACA BERITA LAINNYA
DAFTARKAN EMAIL KAMU
UNTUK PROMO & BERITA TERBARU



CUSTOMER SERVICE

Whatsapp : 0821 3801 9759
Call : (0271) 644268
Email : customerservice@orimax.co.id

HEAD OFFICE

PT. Aston Graphindo Indonesia
Jl. Ir. Juanda No. 302, Surakarta,
Jawa Tengah, Indonesia 57125