FB   TWITTER   G+   LINKEDIN   YOUTUBE

Digital adalah ancaman sekaligus peluang ( bagian 1 )

Posted by : ORIMAX

Digital adalah ancaman sekaligus peluang ( bagian 1 )
Digital adalah ancaman sekaligus peluang ( bagian 1 )

Dunia digital (internet) di Indonesia sekarang telah berkembang sangat pesat dan cepat, dulu boleh dibilang internet hanya menjadi penunjang bisnis namun sekarang lebih dari penunjang bahkan bisa dikatakan berdiri sendiri menjadi sebuah bisnis baru. Dunia internet sudah berkembang begitu pesat hingga dunia perbankan, e-commerce, bahkan industri finansial seperti asuransi pun ikut bergerak di platform internet. Bukan cuma di web kini sudah masuk ke dalam genggaman pelanggan dalam bentuk aplikasi di smartphone. Aplikasi finansial makin bertumbuhan seiring dengan makin tingginya pengguna yang menggunakannya. Mulai dari membuat anggaran, penghitungan untung-rugi, bunga pinjaman, asuransi, hingga pembayaran digital, tumbuh subur dalam bentuk aplikasi. Istilah bank di dalam genggaman pun rasanya sudah terjadi.

Kita bisa merasakan bagaimana digital telah membuat kita lebih malas, mungkin 2 atau 3 tahun lalu dimana kita transfer harus ke ATM atau Bank sekarang cukup modal internet sambil tiduran nonton TV sudah bisa, mau beli pulsa tinggal klik di e-commerce, mau makan tinggal klik aplikasi dan masih banyak lagi hal yang sebenarnya kita lakukan dengan era digital. Yang menjadi pertanyaan bagaimanakah nasib sebuah bisnis konvensional bila konsumen sudah mulai menemukan kemudahan transaksi di era digital? Saya masih ingat cerita bagaimana seorang pedagang baju di BTC Solo dulu mempunyai 3 ruko omzet 500juta/bulan sekarang sudah tinggal 1 ruko dengan penurunan omzet drastis dan masih ingat juga cerita seorang yang bertemu dengan saya di bawah jembatan flyover saat kami transaksi COD dia bercerita dulunya 3 tahun lalu hanya seorang penjual kerupuk keliling sekarang menjadi juragan baju diawali dengan sebuah metode dropship eceran dan booomm... Saat momen jualan online meroket dia mampu beli rumah, jazz new RS.

Anda sendiri yang bisa berkaca saat ini Anda berada dimana, kesiapan bisnis Anda bagaimana? Karena bisa dipastikan dunia digital tidak akan mati yang ada akan terus berkembang. Anda menganggap digital itu sendiri sebagai ancaman atau sebuah peluang? Jika Anda melihat dari segi konsumen tentunya mereka akan memilih sebuah kemudahan dan itulah yang digital tawarkan. Kita bisa melihat bagaimana bergejolaknya saat Gojek tumbuh menjadi Ojek berbasis aplikasi tentu ojek konvensional akan marah, omzet turun drastis namun di benak konsumen inilah yang mereka cari cukup klik mereka datang tidak perlu repot-repot kesana kemari belum lagi menunggu. Pada akhirnya semua akan mengerti bahwa sebuah bisnis itu adalah untuk konsumen dan konsumen yang menentukan bukan bisnis yang mengdrive konsumen bahkan jika itu ada mungkin hanya sebagian yang sangat kecil.

Djarum memiliki Blibli, Alibaba Mengakuisisi Lazada, Rakuten merajai Jepang, Amazon menjadi raja di Amerika yang katanya akan menginvasi ke market Indonesia, bagaimana Investor terus tertarik kepada Tokopedia dan Bukalapak. Ada sebuah fakta yang menarik untuk saya kupas bagaimana Google sebagai raksasa digital mulai terusik dengan berkembangnya dunia e-commerce.. Kita akan sajikan di bagian 2 yaa..
Sekali lagi Digital adalah sekarang dan masa depan.. Jangan terlalu menganggap ini adalah ancaman tapi siapkan bisnis Anda untuk itu.

Salam Orimax
 




BACA BERITA LAINNYA
DAFTARKAN EMAIL KAMU
UNTUK PROMO & BERITA TERBARU



CUSTOMER SERVICE

Whatsapp : 0821 3801 9759
Call : (0271) 644268
Email : customerservice@orimax.co.id

HEAD OFFICE

PT. Aston Graphindo Indonesia
Jl. Ir. Juanda No. 302, Surakarta,
Jawa Tengah, Indonesia 57125